Senin, 31 Januari 2011

Cara Menjaga Mata Sehat

Menonton televisi
Posisi menonton televisi memberikan pengaruh yang besar untuk mata. Sebaiknya posisi televisi ditempatkan sejajar dengan mata untuk mengurangi cahaya yang keluar dari tabung televisi yang amat kuat. Penerangan ruanganpun juga perlu diperhatikan. Lampu harus cukup terang dan terletak diatas ruangan bukan dibelakang televisi. Ambillah jarak yang tidak terlalu dekat dalam menonton televisi.

Di depan komputer
Bekerja di depan komputerpun
memberikan pengaruh yang besar pada mata. Bagi anda yang hampir setiap hari bekerja di depan komputer, bisa menerapkan cara-cara ini. Biasakan memberi waktu istirahat dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya, setiap 15 atau 30 menit sekali harus beristirahat melihat yang jauh-jauh selama 5-10 menit, agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu lama mengakibatkan mata tegang dan kering. Untuk menghindarinya, anda bisa sering berkedip untuk menghindari mata kering dan menjaga kelembaban mata. Jarak antara layar komputer dengan matta sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit dibawah batas mata.

Sebaiknya anda memastikan monitor yang anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya menggunakan monitor LCD karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor lain. Gunakan pula screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi.

Membaca
Membaca buku adalah aktivitas yang biasa dilakukan orang. Perhatikan hal-hal dalam membaca buku agar mata tetap sehat. Jarak yang aman untuk membaca buku adalah 30 cm. bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan juga harus cukup misalnya dengan lampu yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

Di Jalan
Bagi yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi dan supir angkot, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata jadi infeksi.

Vitamin
Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang brserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup, serta mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, dan pepaya. Jagalah kesehatan mata dan hubungi dokter setiap mempunyai masalah dengan mata. (*/Kompas, 19 Februari 2009)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: