Minggu, 13 Februari 2011

Mata Anda Pun Perlu Rileks

Bagaimana kondisi mata Anda? Tahukah Anda, bahwa mata juga memerlukan latihan atau senam mata terutama agar penglihatan menjadi lebih baik dan supaya masalah ketegangan yang dialami mata Anda berkurang. Ketegangan mata dapat juga menyebabkan sakit kepala. Senam mata hanya memerlukan waktu sebentar dan bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, orang dengan mata silinder, insufisiensi konvergensi dan otot mata yang lemah dapat dirasakan manfaatnya dari latihan mata.

Setidaknya ada tiga cara
latihan yang baik agar mata Anda lebih sehat.

1. 20-20-20
Latihan dapat membantu mata untuk fokus dan rileks ketika Anda merasa tegang. Untuk melakukan latihan ini, Anda dapat mengatur waktu untuk melakukan hal-hal tertentu dalam waktu 20 menit, misalnya, melihat hal tertentu selama 20 menit. Untuk setiap 20 menit melakukan tugas yang sama. Kemudian, mengambil 20 detik untuk berkonsentrasi pada objek lain, jarak setidaknya 20 kaki (6 meter) dari Anda.

Hal ini memungkinkan mata Anda menjadi rileks dan fokus untuk waktu yang singkat. Anda bisa kembali beraktivitas sebelumnya dengan penglihatan yang lebih jelas.

2. Memutar Mata
Memutar bola mata bisa membuat mata Anda rileks lagi. Latihan ini juga dapat meningkatkan sirkulasi yang memungkinkan peningkatan jumlah nutrisi dan aliran oksigen ke daerah mata. Menurut Kesehatan Holistik Cina, latihan memutar mata dapat dilakukan dalam posisi duduk atau berbaring. Buka mata Anda dan putar searah jarum jam setidaknya 20 kali. Berkedip beberapa kali dan kemudian ulangi dalam arah yang berlawanan.

3. Jarak Fokus
Fokus latihan pada jarak bisa memperbaiki dan membangun kembali penglihatan Anda. Setelah sekian lama mata Anda hanya fokus pada objek dengan jarak dekat, seperti melihat komputer, televisi, dokumen atau benda lain. Anda harus meluangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk keluar dari ruangan agar mata Anda bisa fokus melihat pada objek jauh.

Untuk melakukan latihan ini, coba temukan objek terjauh Anda dan fokus melihat pada objek itu. Biarkan mata Anda merasakan perbedaan dalam fokus jarak jauh dan dekat.(Liputan6.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: