Kamis, 17 Juni 2010

Jangan Enggan Untuk Cek Harga Saat Berbelanja

Cek harga atau periksa harga. Hal yang jarang atau bahkan tidak pernah kita lakukan saat berbelanja di hypermarket yang memang menyediakan fasilitas untuk cek harga. Biasanya pada saat-saat tertentu swalayan besar ini melakukan promosi dengan memberikan potongan harga. Salah satu tandanya adalah bisa kita lihat pada label yang tertera di rak barang. Disitu harga normal (biasanya tertulis lebih kecil) dicoret dan tercetak harga promosi / spesial (biasanya tertulis lebih besar seperti harga pada label barang lainnya).

Meski di label tertera harga spesial, tidak ada salahnya apabila Anda melakukan cek harga pada alat untuk cek / periksa harga yang tersedia. Apabila ada ketidakcocokan antara harga yang tertera pada label dan harga yang muncul pada layar alat cek harga (yang terhubung dengan system computer), Anda tidak perlu bingung.

Teliti lagi tanda barcode yang ada pada barang dengan barcode yang tercantum pada label di rak. Cocokkan semua data angka yang ada pada label dengan data angka yang ada pada barang. Jika semuanya sama / cocok, apabila Anda berminat untuk membeli barang tersebut, bawa barang Anda beserta label yang ada di rak (Anda copot dulu label di rak barang) ke kasir. Tunjukkan bukti label harga tersebut kepada kasir saat melakukan pembayaran, sambil jelaskan kalau ada perbedaan harga antara label dengan system komputer.

Kasir akan memeriksa barcode pada label dan barcode pada barang, dan meminta Anda untuk membayar barang yang Anda beli sesuai harga pada system computer kasir. Setelah itu Anda akan dipersilakan mengambil uang selisih tersebut di bagian Informasi / Customer Service.

Agar tidak merasa “dibohongi” saat Anda berbelanja, sebaiknya gunakanlah fasilitas / alat untuk cek harga / periksa harga sebelum membawa barang belanjaan ke kasir. Itulah yang saya alami saat belanja di Carrefour BG Junction Surabaya, kemarin.

TELITI SEBELUM MEMBELI. Itulah yang sebaiknya kita lakukan.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: